Senin, 19 September 2016

Minuman Sehat Ibu Hamil

7 MINUMAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL


Image result for minuman yang sehat untuk ibu hamil



Apa yang Anda konsumsi saat hamil sangat menentukan kesehatan janin yang ada di rahim Anda. Diet yang baik dan seimbang akan memberikan efek pada kesehatan mental dan fisik bayi dalam kandungan.
Minuman turut berpengaruh dalam kesehatan janin Anda. Kehamilan dapat memposisikan Anda dalam resiko dehidrasi, apalagi kalau Anda menderita morning sickness (pening, mual dan muntah-muntah yang biasanya terjadi di pagi hingga siang hari). Salah satu nasihat terbaik untuk kehamilan Anda adalah untuk mengonsumsi banyak cairan. Hal ini sangat efektif apabila Anda memilih minuman yang sehat pula.

Minuman Sehat untuk Ibu Hamil
Sebaiknya Anda menghindari minuman bersoda, alkohol atau jus buah yang dijual komersial. Berbagai minuman tersebut hanya akan mengisi perut Anda tanpa ada kalori di dalamnya. Minuman tersebut tidak punya sesuatu yang spesial dan berguna untuk kesehatan Anda. Air putih adalah pilihan yang baik, tapi akan sangat berguna jika didukung dengan jenis minuman sehat lain untuk kehamilan Anda.
Meminum banyak cairan, selain untuk mendetoksifikasi tubuh juga akan melepaskan konstipasi yang melilit, mengurangi bengkak atau edema, dan menurunkan kesempatan untuk terserang infeksi saluran kencing. Berikut ini adalah beberapa minuman sehat untuk mendukung kesehatan kehamilan Anda:

1.  Teh Hijau
Image result for teh hijau
Mengonsumsi teh hijau selama kehamilan selalu saja menjadi perdebatan. Tapi, yang pasti meminum teh hijau secukupnya sangat bermanfaat untuk kesehatan. Teh hijau dapat mengurangi stres, dan antioksidan di dalamnya akan memperbaiki kesehatan Anda.
Namun disarankan untuk tidak minum teh secara berlebihan, karena teh (juga kopi, cola, dan minuman energi) mengandung kafein. NHS menyarankan agar konsumsi kafein ibu hamil tidak lebih dari 200mg per harinya. Itu setara dengan ±2 gelas kopi. Secangkir teh hijau setiap harinya tentu baik untuk Anda.

2.  Susu
Image result for susu
Susu adalah salah satu minuman terbaik untuk dikonsumsi wanita hamil karena fungsinya dalam menyediakan asupan kalsium. Selain itu, susu akan meningkatkan kadar serotonin dan akan menyebabkan Anda merasa tenang dan rileks. Meminum susu dua kali dalam sehari dianjurkan selama kehamilan.

3.  Smoothie Alpukat
Image result for Smoothie Alpukat
Alpukat juga termasuk salah satu minuman sehat untuk wanita hamil. Alpukat akan membantu Anda dan bayi dalam perut Anda untuk mempertahankan tekanan darah tetap stabil dan meregulasi hormon stres.
Minuman turut berpengaruh dalam kesehatan janin Anda. Kehamilan dapat memposisikan Anda dalam resiko dehidrasi, apalagi kalau Anda menderita morning sickness (pening, mual dan muntah-muntah yang biasanya terjadi di pagi hingga siang hari). Salah satu nasihat terbaik untuk kehamilan Anda adalah untuk mengonsumsi banyak cairan. Hal ini sangat efektif apabila Anda memilih minuman yang sehat pula.

4.  Jus Jeruk dan Ceri
Image result for jus jeruk       Image result for jus ceri
Jus jeruk adalah minuman yang kaya akan vitamin C. Jus jeruk dapat membantu meningkatkan imun secara keseluruhan dan akan membantu Anda untuk terhindar dari infeksi selama kehamilan. Jus jeruk juga berperan penting dalam proses detoksifikasi tubuh, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh Anda.
Jus ceri juga sangat baik untuk Anda, wanita hamil, yang khawatir terhadap kualitas tidur yang kurang. Jus ceri akan membantu meningkatkan kualitas tidur Anda dengan membuat Anda tetap rileks dan tidak stres.

5.  Air Kelapa
Image result for Air Kelapa
Air kelapa sarat dengan mineral mikro dan membantu mengatasi fluktuasi tekanan darah Anda. Khususnya pada trimester terkahir ketika tekanan akan persalinan dan melahirkan mulai memuncak, maka air kelapa dapat meregulasi tekanan darah dan membuat Anda lebih santai.

6.  Teh Jahe
Image result for Teh Jahe
Memasukkan teh jahe dalam list minuman Anda adalah salah satu tips kehamilan yang efektif. Teh jahe menjadi minuman favorit ibu hamil yang mengalami morning sickness (pening, mual dan muntah-muntah yang biasanya terjadi di pagi hingga siang hari). Teh jahe biasanya dipakai dalam pengobatan tradisional. Teh jahe juga akan membantu melancarkan pencernaan Anda.
Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa jahe juga dapat menghilangkan mabuk laut. Bentuk yang dapat dikonsumsi untuk ibu hamil dapat berupa bentuk jahe yang dibuat biscuit, permen, minuman jahe, dan teh jahe.

7.  Jus Sayuran
Image result for Jus Sayuran
Jus sayuran mungkin bukan pilihan yang sangat populer, tapi jelas terbukti untuk menjadi yang terbaik. Jus sayuran meningkatkan kekebalan, mencegah dan mengobati penyakit pada saat yang sama dan memelihara tubuh dengan suplemen harian yang diperlukan seperti vitamin dan mineral.
Satu resep cepat dan mudah adalah jus wortel. Campur satu pon (sekitar 15 ons) wortel yang telah dikupas dan dicuci bersih dengan beberapa semprotan lemon. Selanjutnya, tambahkan satu buah apel untuk rasa manis, dan minumlah setiap pagi. Minuman ini diperkaya dengan vitamin A, B, E dan mineral seperti kalsium.

Bonus: Air Putih
Image result for air putih
Minuman yang terakhir namun sangat penting adalah air putih. Selama kehamilan, air menjadi salah satu pilihan terbaik untuk diminum karena air tidak berisi rasa buatan atau warna; air tidak memiliki kalori ekstra dan merupakan pilihan terbaik untuk rehidrasi tubuh. Anda dapat pula menambahkan rasa pada air putih Anda dengan perasa alami seperti irisan lemon dan mentimun.

Itulah beberapa jenis minuman yang sehat yang baik untuk dikonsumsi selama hamil. Mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dapat membantu bayi anda tumbuh dan berkembang sesuai usianya. Selamat mencoba Mommy!^^


Terimakasih sudah mengunjungi blog kami.^^
Sumber:  http://www.webkesehatan.com/7-minuman-sehat-untuk-ibu-hamil/
Re-write:  Upika Aspri Adhiyantie
Kritik dan saran silahkan email ke care@dluha.com
Jika ada kata-kata yang kurang berkenan dapat kami perbaiki.^^